Gili Ketapang Probolinggo

AGUSTUS 2017

Edisi pulang kampung kemarin adalah liburan super singkat , berangkat tgl 17 Agustus sampai di Probolinggo tgl 18 Agustus kemudian pulang lagi ke Jakarta tgl 20 Agustus , saya dan mama sebenarnya ingin mengurus dan melihat tanah yang telah lama kami jual namun belum laku - laku , klik disini  siapa tahu minat membeli tanah di daerah Kota Probolinggo (sekalian promo pak buk hahahaha) .

Tgl 18 sampai kota kelahiran cukup dirumah saja , istirahat dulu sambil beli makan nasi jagung .

Tgl 19 pagi sebenarnya ingin ke Bromo lihat sunrise tapi apa daya teman saya yang akan mengantarkan saya ke Bromo ketiduran , yaudah akhirnya ke tetep ke Bromo tapi lewat mimpi .
akhirnya saya chat teman saya Ucha untuk mengantarkan saya keliling Probolinggo mengatasi rasa bosan , Thanks to Ucha sudah membuat liburan saya lebih berwarna . Saya dan mama berpikir , "ini tinggal sehari lagi di probolinggo masak nggak kemana - mana?"

Setelah browsing , kami memutuskan untuk mengunjungi Pulau Gili Ketapang , kebetulan ada teman mama yang pernah kesana dan masih menyimpan contact person travel agent disana . Okelah kalau begitu liburan kita tidak sia - sia (:

Tgl 20 pagi jam 6 kami bangun kemudian siap - siap , kumpul di Pelabuhan Tanjung Tembaga jam 07.00 pagi , naik kapal sekitar 30 menit sampailah kita di Pulau Gili Ketapang

Gili Ketapang adalah sebuah desa dan pulau kecil di Selat Madura, tepatnya 8 km di lepas pantai utara Probolinggo. Secara administratif, pulau ini termasuk wilayah Kecamatan SumberasihKabupaten ProbolinggoJawa Timur.
Menurut legenda setempat, pulau ini dulunya menyatu dengan daratan Desa Ketapang (Pulau Jawa), yang kemudian secara gaib bergerak lamban ke tengah laut, karena gempa yang dahsyat akibat letusan Gunung Semeru. Nama Gili Ketapang berasal dari bahasa Maduragili yang artinya mengalir, dan Ketapang merupakan nama asal desa tersebut. (Wikipedia)

Sampai di Gili Ketapang kami dijemput Mas Nurul Huda dan Mas Ozy untuk penjelasan harga paket , snorkeling dan sebagainya , dan asiiiik ! kami diberi kapal pribadi yang isinya hanya saya dan mama tidak dicampur dengan grup tour lain.

persiapan snorkeling

Sebelum snorkeling kami di briefing dulu , cara ambil nafas dan cara foto underwater . Jepret dulu shayy . . .

Kami dibawa ke tengah pantai untuk mencari spot terbaik , namun karena angin yang tidak bersahabat membuat air keruh sehingga pemandangan bawah laut tak terlihat dengan jelas .

Pindah ke sebelah timur dan selatan baru pemandangan bawah air terlihat jelas , terumbu karang berjajar rapi dengan indahnya , baru sadar ternyata Gili Ketapang punya keunggulan yang bisa di eksplore sebagai tempat wisata , padahal dulu 2x saya kesini , Gili Ketapang tidak terawat , belum sadar lingkungan dan masih banyak sampah dimana - mana dibuang sembarangan .

Setelah puas snorkeling kami mandi dan disediakan makan ikan bakar prasmanan , sembari minum air kelapa saya mengobrol dengan penduduk sekitar , mereka meng-amin-i tentang sadar lingkungan untuk tidak membuang sampah sembarangan serta tidak bosan untuk mengingatkan pengunjung agar membuang sampah di tempatnya .

Sebenarnya trip ini juga mengantarkan kita untuk mengunjungi pantai karang dan goa kucing , salah satu spot wisata Gili Ketapang yang wajib dikunjungi juga , namun karena waktunya mepet sedangkan saya harus segera kembali ke Jakarta , maka sehabis makan saya kembali lagi ke Kota Probolinggo untuk packing pulang .

Biaya trip ini terhitung sangat terjangkau :

Hanya 85 ribu/orang
__________________________________________
fasilitas

kapal pp (private)
snorkeling set (masker + snorkel)
pelampung
fin (kaki katak) bagi yang butuh
makan siang prasmanan ikan bakar + air mineral
pemandu snorkeling
foto underwater
rest area pasir putih
______________________________________________

Biaya di luar paket masuk pelabuhan 2000 parkir 3000 (motor) 10.000 (mobil)
dan kamar mandi di gili ketapang 3000
Itenerary

1 . kumpul dipelabuhan tanjung tembaga (pelabuhan barat)
2 . menuju gili ketapang by kapal
3.  pantai timur/pantai karang/goa kucing
4 . pantai barat/pasir putih/ganti baju pelatihan snorkeling
5 . bilas/makan siang
6 . penyalinan dokumentasi foto underwater
7 . kembali menuju pelabuhan
8 . trip selesai
_______________

Meting poin 06 : 30 - 07 : 30 di pelabuhan tanjung tembaga.
Penyebrangan 30 menit pulang ke probolinggo 15 : 30
Atau kondisional
________________
NB
Membawa pakaian mandi sunblock, kacamata hitam

Thanks mas nurul huda and mas ozy
for making my greatest holiday 💗
for special price kindly check instagram : @giliketapangjatim and @giliketapangcmc